Selasa, 17 Mei 2016

Tentang Ayah



Pernah mendengar lagu Ada Band feat Gita Gutawa yang berjudul “Terbaik Untukmu” ? Jika mendengar lagu itu, makna apa yang tersirat di dalamnya? Ya, lagu tadi berkisah tentang ayah. Tentang kebanggaan dan kecintaan seorang anak terhadap sang ayah. Karena sang ayah sangat menyayanginya, sehingga ia berjanji ingin mewujudkan harapan sang ayah.

Ayah. Sosok orangtua yang juga mempunyai peran penting dalam perkembangan anak selain ibu. Namun peran yang dimiliki oleh seorang ayah berbeda dengan ibu. Peran apakah itu?

Ayah adalah teman bermain bagi anak. Jika kita berjalan-jalan di taman kota sering kita jumpai anak-anak yang bermain-main dengan ayahnya daripada dengan sang ibu. Di sini pada saat mengajak anak melakukan permainan yang menyenangkan, ayah juga bisa menerapkan beberapa peraturan dalam permainan yang harus ditaati anak. Sehingga selain bermain anak akan belajar tentang peraturan. Bahwa peraturan dibentuk untuk ditaati bukan untuk dilanggar.

Ayah adalah pembimbing. Ketika anak melakukan atau menginginkan sesuatu yang belum ia mengerti baik buruknya, ayah dapat membimbing anak untuk mengetahui baik buruknya keinginan anak tersebut. Jika anak melakukan sesuatu yang benar, ayah dapat memberikan pujian. Namun bila anak melakukan kesalahan, ayah hendaknya memberitahu letak kesalahannya dan bersama-sama memperbaiki kesalahan itu bersama si anak.

Ayah adalah sosok yang mampu menyelesaikan masalah. Ketika si anak lupa mengerjakan tugas sekolah karena terlalu asyik bermain, ayah dapat menjadi figur yang dapat menasehati anak untuk belajar tentang apa yang terpenting saat ini antara tugas sekolah dan bermain. Pada saat anak akan  mengembangkan suatu bakat ayah dapat mengarahkan memilih bakat sesuai dengan keinginan anak serta mengajarkan konsekuensi dari pilihan anak.

Ayah adalah sosok yang mempersiapkan masa depan dan sebagai tempat berlindung anak. Ayah bertanggung jawab terhadap masa depan anak seperti dalam hal persiapan dana untuk anak menempuh berbagai pendidikan formal dan informal. Selain itu ayah berperan dalam melindungi anak dari segala kejahatan dan pengaruh buruk lingkungannya. Dengan demikian anak akan merasa memiliki figur pelindung dan pahlawan dalam hidupnya.


Peran sang ayah dalam kehidupan anak sama menantangnya dengan peran sang ibu. Dan di balik usaha keras ayah menjalankan perannya, tentunya setiap ayah berharap jika sang anak akan menjadi pribadi yang berhasil, yang bisa membuatnya bangga. Jika ayah dapat menjalankan perannya dengan baik, niscaya semua anak di dunia ini juga akan merasa bangga dengan sosok sang ayah. Anak akan selalu merindukan ayah. Maka si anak akan dengan senang hati mewujudkan semua harapan sang ayah. Seperti makna yang tersirat dalam lagu “Terbaik Untukmu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar